Cari Blog Ini

Kamis, 26 Desember 2019

Memproduksi Minyak Berkualitas Tinggi Dengan Menggunakan Alat Penyulingan Minyak Atsiri

Alat Penyulingan Minyak Atsiri atau yang dijuluki Mesin Destilasi Minyak Kayu Putih ialah mesin yang digunakan untuk menyuling atau melakukan proses destilasi minyak yang bersumber dari tanaman. Jika menggunakan alat ini untuk proses penyulingan, maka hasil yang diperoleh dari menyuling minyak atsiri akan lebih bermutu dan dapat  digunakan untuk bermacam-macam kepentingan. Adapun tanaman yang dapat disuling dengan memakai mesin ini, diantaranya:

1. Minyak Nilam

Ada berbagai jenis tanaman yang dapat disuling dengan memanfaatkan mesin penyuling ini. Salah satu produk penyulingan minyak dari tanaman dengan memanfaatkan mesin penyuling ini adalah minyak nilam. Sehingga ada juga yang menyebutnya sebagai mesin penyuling minyak nilam.

2. Minyak Cengkeh

Tidak hanya tanaman nilam saja yang bisa disuling minyaknya dengan mesin ini, cengkeh yang terkenal sebagai tanaman rempah juga bisa diambil minyaknya dengan menggunakan mesin penyuling ini.

3. Minyak Pala

Selain minyak nilam dan cengkeh, pala juga termasuk salah satu tanaman yang bisa diekstrak minyaknya dengan menggunakan mesin penyuling ini. Oleh karena itu ada juga yang menyebutnya sebagai mesin penyuling minyak pala.

Sebetulnya masih ada beberapa tanaman lain yang dapat disuling dengan alat ini seperti minyak kayu putih yang sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang terkenal sebagai produsen minyak atsiri. Tanahnya yang subur mempunyai banyak sekali kekayaan hayati yang bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan.

Sehingga tidak heran jika Indonesia menjadi salah satu produsen minyak atsiri terbaik di dunia. Adapun langkah atau proses penyulingan minyak atsiri dapat dikerjakan dengan tiga cara yaitu penyulingan menggunakan air dan uap, penyulingan dengan sistem rebus dan juga penyulingan dengan uap secara langsung.

Sedangkan untuk mendapatkan minyak atsiri itu sendiri, mesin penyuling minyak atsiri modern ada dua jenis model mesin yaitu mesin destilasi model boiler dan mesin destilasi model STEAM. Inilah penjelasan secara detail dari dua jenis model mesin penyuling modern yang dapat Anda manfaatkan:

1. Mesin Destilasi Model Boiler

Cara pengoperasian mesin penyuling minyak model boiler ini adalah pertama kali dengan memasukkan bahan baku baik yang sudah layu terlebih dahulu atau bahan baku dalam keadaan yang masih basah ke dalam alat penyuling yang sudah terisi air, kemudian dipanaskan.

Uap yang diperoleh dari alat disalurkan menggunakan sebuah pipa yang dihubungkan dengan kondensor. Uap yang masih menyatu antara uap dan minyak ini akan terkondensasi menjadi cairan dan selanjutnya akan ditampung dalam sebuah tempat.

Setelah itu cairan minyak ini akan dipisah dengan memakai separator pemisah minyak untuk diambil minyaknya saja. Metode mesin penyuling minyak atsiri dengan model ini dapat digunakan untuk menyuling minyak aromaterapi seperti minyak mawar, melati, minyak kayu putih, minyak daun sirih, minyak daun cengkeh dan lainnya.

2. Mesin Destilasi Model Steam

Yang kedua ialah mesin penyuling minyak atsiri dengan memakai sistem steam. Bahan baku yang akan disuling tikak bersentuhan secara langsung dengan air maupun api namun hanya kontak dengan uap bertekanan tinggi yang difungsikan untuk menyuling minyak

Uap bertekanan tinggi ini dialirkan melalui pipa dan masuk ke dalam ketel yang terdapat bahan baku, kemudian uap yang keluar dari ketel disambungkan dengan kondensor. Cairan kondensat yang masih tercampur antara air dan minyak akan terpisah dengan menggunakan separator

Pemakaian mesin penyuling minyak atsiri model ini sangat pas dipakai untuk tanaman yang membutuhkan tekanan tinggi untuk pengeluaran minyaknya seperti gaharu, cendana, seledri dan lainnya.

Mengingat Indonesia sendiri yang kaya akan berbagai tanaman yang dapat diambil minyaknya ini, seperti cengkeh, cendana, gaharu, dan sebagainya, maka peluang menekuni usaha penyulingan minyak dengan menggunakan mesin penyuling minyak atsiri nampaknya cukup menjanjikan untuk dilakoni.

============================= INFORMASI PEMESANAN ================================

Nomor Telepon : 0813-9000-0647 / 0858-8000-0627
Lokasi Workshop : Jalan Danau Jonge H4, E42, Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang – Jawa Timur.

==================================================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memproduksi Minyak Bermutu Tinggi Dengan Memanfaatkan Mesin Penyuling Minyak Nilam

Alat Penyulingan Minyak Atsiri atau yang dikenal dengan Mesin Destilasi Minyak Kayu Putih adalah mesin yang dimanfaatkan untuk menyuling at...