Cari Blog Ini

Selasa, 02 Juni 2020

Memproduksi Minyak Bermutu Tinggi Dengan Memanfaatkan Mesin Penyuling Minyak Nilam

Alat Penyulingan Minyak Atsiri atau yang dikenal dengan Mesin Destilasi Minyak Kayu Putih adalah mesin yang dimanfaatkan untuk menyuling atau melakukan proses destilasi minyak yang berasal dari tanaman. Apabila menggunakan alat ini untuk proses penyulingan, maka hasil yang didapatkan dari menyuling minyak atsiri akan lebih bermutu dan bisa dipakai untuk berbagai kepentingan. Adapun tanaman yang bisa disuling dengan menggunakan mesin ini, diantaranya:

1. Minyak Nilam

Ada berbagai jenis tanaman yang bisa disuling dengan memanfaatkan mesin penyuling ini. Salah satu hasil penyulingan minyak dari tanaman dengan memanfaatkan mesin penyuling ini adalah minyak nilam. Sehingga ada juga yang menyebutnya sebagai mesin penyuling minyak nilam.

2. Minyak Cengkeh

Bukan cuma tanaman nilam saja yang dapat disuling minyaknya dengan mesin ini, cengkeh yang terkenal sebagai tanaman rempah juga dapat diekstrak minyaknya dengan menggunakan mesin penyuling ini.

3. Minyak Pala

Selain minyak nilam dan cengkeh, pala juga termasuk salah satu tanaman yang bisa diambil minyaknya dengan memakai mesin penyuling ini. Oleh karena itu ada juga yang menyebutnya sebagai mesin penyuling minyak pala.

Sebetulnya masih ada beberapa tanaman lain yang bisa disuling dengan alat ini seperti minyak kayu putih yang sudah tidak perlu ditanyakan lagi manfaatnya.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang terkenal sebagai pembuat minyak atsiri. Tanahnya yang subur memiliki banyak sekali kekayaan hayati yang bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan.

Sehingga tidak kaget jika Indonesia menjadi salah satu penghasil minyak atsiri terbaik di dunia. Adapun tahap atau proses perolehan minyak atsiri bisa dikerjakan dengan tiga cara yaitu penyulingan menggunakan air dan uap, penyulingan dengan sistem rebus dan juga penyulingan dengan uap secara langsung.





Sedangkan untuk mendapatkan minyak atsiri itu sendiri, mesin penyuling minyak atsiri modern ada dua jenis model mesin yaitu mesin destilasi model boiler dan mesin destilasi model STEAM. Inilah penjelasan secara detail dari dua jenis model mesin penyuling modern yang dapat Anda manfaatkan:

1. Mesin Destilasi Model Boiler

Cara pengoperasian mesin penyuling minyak model boiler ini adalah pertama kali dengan memasukkan bahan baku baik yang sudah layu terlebih dahulu atau bahan baku dalam kondisi yang masih basah ke dalam alat penyuling yang sudah terisi air, kemudian dipanaskan.

Uap yang diperoleh dari alat dialirkan memakai sebuah pipa yang disambungkan dengan kondensor. Uap yang masih tercampur antara uap dan minyak ini akan terkondensasi menjadi cairan dan selanjutnya akan dimuat dalam sebuah wadah.

Selanjutnya cairan minyak ini akan dipisah dengan menggunakan separator pemisah minyak guna diambil minyaknya saja. Cara pemakaian mesin penyuling minyak atsiri dengan model ini dapat dipakai untuk menyuling minyak aromaterapi seperti minyak mawar, melati, minyak kayu putih, minyak daun sirih, minyak daun cengkeh dan lainnya.

2. Mesin Destilasi Model Steam

Yang kedua ialah mesin penyuling minyak atsiri dengan menggunakan sistem steam. Bahan baku yang akan disuling tikak bersentuhan secara langsung dengan air ataupun tetapi hanya kontak dengan uap bertekanan tinggi yang difungsikan untuk menyuling minyak

Uap bertekanan tinggi ini disalurkan melalui pipa dan masuk ke dalam ketel yang terdapat bahan baku, selanjutnya uap yang keluar dari ketel disambungkan dengan kondensor. Cairan kondensat yang masih tercampur antara air dan minyak akan dipisahkan dengan menggunakan separator

Pemanfaatan mesin penyuling minyak atsiri model ini cocok digunakan untuk tanaman yang membutuhkan tekanan tinggi untuk pengeluaran minyaknya seperti gaharu, cendana, seledri dan lainnya.

Mengingat Indonesia sendiri yang kaya akan berbagai tanaman yang dapat diambil minyaknya ini, seperti cengkeh, cendana, gaharu, dan sebagainya, maka peluang menggeluti bisnis penyulingan minyak dengan memanfaatkan mesin penyuling minyak atsiri terlihat cukup menjanjikan untuk dilakukan.

Informasi Pemesanan Mesin Penyuling Minyak

Alamat : Jalan Danau Jonge H4, E42, RT 05 RW 10, Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang – Jawa Timur
Telpon/sms  : 0857-7000-0657 / 0858-8000-0627

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memproduksi Minyak Bermutu Tinggi Dengan Memanfaatkan Mesin Penyuling Minyak Nilam

Alat Penyulingan Minyak Atsiri atau yang dikenal dengan Mesin Destilasi Minyak Kayu Putih adalah mesin yang dimanfaatkan untuk menyuling at...