Cari Blog Ini

Sabtu, 12 Oktober 2019

Peluang Bisnis Budidaya Ikan dan Peletnya

Bisnis Budidaya Ikan merupakan salah satu usaha yang masih ada bahkan terus berkembang hingga saat ini. Besarnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap nutrisi yang terdapat pada ikan membuat tingkat konsumsi terhadap ikan tersebut juga semakin tinggi. Dengan meningkatnya konsumsi ikan tersebut otomatis membuat permintaan terhadap ikan juga semakin meningkat.  Tidak hanya ikan laut, permintaan terhadap ikan air tawar pun juga semakin tinggi. Dengan melihat hal ini, beberapa pebisnis mulai memulai bisnis budidaya ikan air tawar. Mulai dari ikan lele, ikan nila, bawal, hingga ikan gurami tidak luput dari target bisnis para pengusaha.


Seiring dengan banyaknya pengusaha yang mencoba bisnis ternak ikan, tingkat permintaan terhadap makanan ternak juga semakin banyak. Hal ini karena makanan merupakan kebutuhan pokok yang sangat penting dan tidak bisa dihiraukan dalam menggeluti suatu usaha budidaya ikan. Pakan ikan yang bergizi dapat meningkatkan kualitas dari ikan ternak kita. Oleh karena itu, agar anda bisa menghasilkan ikan yang bagus maka pakan ikannya juga harus diperhatikan. Mulai dari komposisi bahan yang dipakai hingga kandungan yang terdapat di dalam pakan tersebut.

Jika tidak ingin ribet memproduksi pakan ikan sendiri, anda bisa membeli pakan ikan di toko-toko pakan ikan yang sudah terpercaya.  Akan tetapi anda harus waspada dalam menghitung biaya untuk pakan ikan ternak anda. Sebab dalam usaha budidaya ikan ternak, makanan ternaklah yang memakan biaya terbesar. Oleh sebab itu, sebagian peternak lebih memilih untuk membuat sendiri pakan untuk ternak mereka. Disamping lebih murah, dengan membuat pakan ikan sendiri kita bisa memilih bahan-bahan yang berkualitas agar menghasilkan pakan yang bergizi.

Selain itu, anda juga dapat menjual makanan ikan hasil produksi anda ke berbagai daerah penghasil ikan ternak. Pasalnya, sampai saat ini suplai pakan ikan di beberapa daerah di Indonesia masih terbilang kurang. Kurangnya suplai makanan ikan disebabkan para pebisnis makanan ikan masih memakai bahan baku impor dari luar negri. Untuk menanggulangi hal tersebut, beberapa pelaku usaha pakan ikan telah mulai mencoba menggunakan bahan baku lokal.

Meskipun menggunakan bahan baku lokal, pakan ikan yang dibuat mempunyai kualitas yang tidak kalah dengan makanan ikan berbahan baku import. Bahkan, tak jarang kualitas pakan ikan berbahan baku lokal bisa mengungguli kualitas pakan ikan berbahan baku import. Lalu apa saja bahan baku lokal yang bisa dimanfaatkan untuk membuat pakan ikan tersebut?.

Beberapa diantaranya ialah tepung ikan, dedak padi, jagung bingkil kedelai, minyak sawit, mineral, minyak ikan, serta asam amino. Yang paling penting dari bahan-bahan tersebut ialah kandungan protein, nutrisi, kemudahan dalam mengolah, terhindar dari kandungan racun, dan mudah didapatkan.

Untuk memproduksi pakan ikan, anda tidak boleh meracik dengan sembarangan karena nutrisi yang dibutuhkan setiap jenis ikan berbeda-beda. Maka, komposisi bahan pun juga harus mengikuti dengan jenis ikan yang dibudidayakan. Namun, untuk proses pembuatan pakan ikan (berupa pelet) secara garis besar hampir sama, yaitu sebagai berikut.


  • Haluskan terlebih dahulu masing-masing bahan baku yang akan anda pakai sebagai komponen pakan ikan.
  • Apabila bahan baku sudah halus, langkah berikutnya adalah pengayakan. Proses pengayakan ini berguna untuk memisahkan bahan yang sudah halus dengan yang masih kasar.
  • Setelah proses pengayakan selesai, takar bahan baku yang sudah halus tadi sesuai dengan komposisi masing-masing.
  • Setelah bahan-bahan tersebut ditakar, proses selanjutnya ialah mencampurkan bahan-bahan tersebut. Anda bisa menggunakan tangan untuk mengaduk bahan, akan tetapi supaya bahan tersebut tercampur secara merata, anda dapat memakai mesin mixer.
  • Langkah selanjutnya ialah mengeluarkan aroma pakan ikan. Agar bisa mengeluarkan aroma pakan ikan, anda bisa mengkukusnya di dalam alat steamer.
  • Apabila semua proses diatas sudah dilakukan, maka langkah berikutnya ialah mengubah bentuk pakan ikan menjadi pelet. Nah untuk mempermudah proses pencetakan pelet ikan ini, anda dapat menggunakan Mesin Pelet Apung Sederhana.
  • Setelah pelet ikan terbentuk, langkah terakhir adalah mendinginkan pelet ikan tersebut. Anda bisa memakai Alat Blower untuk mempercepat pendinginan.

Usaha pakan ikan ini cocok untuk anda yang sedang menggeluti usaha budidaya ikan untuk mengurangi dan menekan biaya pakan ikan. bisnis pakan ikan ini juga dapat menjadi usaha sampingan anda agar menghasilkan pemasukan baru dan tidak terpaku pada bisnis budidaya ikan semata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memproduksi Minyak Bermutu Tinggi Dengan Memanfaatkan Mesin Penyuling Minyak Nilam

Alat Penyulingan Minyak Atsiri atau yang dikenal dengan Mesin Destilasi Minyak Kayu Putih adalah mesin yang dimanfaatkan untuk menyuling at...